Harga Jagung Terbaru 2019 – Update

Posted on

Harga jagung terbaru 2019 – Jagung adalah salah satu komoditas perkebunan yang konon katanya merupakan bahan pengganti nasi beras. Anda bisa dengan mudah mendapatkan jagung disekitar daerah anda karena di Indonesia ini sangat cocok sekali untuk bercocok tanam jagung karena ber iklim tropis. Di Indonesia sendiri kebanyakan menunggu musim penghujan tiba karena lebih mudah dalam pengairan dan sedikit susah di musim kemarau karena seperti yang kita tahu kekeringan mungkin terjadi yang mengakibatkan gagal panen.

Pentingnya bagi para petani untuk mengetahui harga jagung naik, jangan sampai ada permainan dari para pengepul atau penampung jagung. Untuk itu peran internet sangat berpengaruh sebagai pemberi informasi akurat mengenai harga jagung basah maupun jagung kering. Sehingga kepastian harga bisa memberi keuntungan bagi para petani dan pihak yang bersangkutan.

Maka dari itu kami akan menyajikan harga jagung dengan data yang kami cari dan dapat dari beberapa sumber akurat meliputi dari para penjual jagung, pembeli jagung, pengepul jagung dan pabrik jagung.

Harga jagung per kilo 2018

Masih sama dengan tahun 2017 harga jagung akhir-akhir bulan ini masih fluktuatif, baik hari ini maupun besok pasti ada kenaikan harga. Hal ini diakibatkan oleh beberapa faktor yaitu mulai langkanya jagung baik di kalangan petani karena musim yang tidak mendukung. Serangan hama tanaman hingga mahalnya pupuk dan obat pertanian, Misal harga jagung nasional pada kisaran Rp 3.550,- sampai Rp 4.250,-. Sedangkan harga jagung di pasar Induk yang mana sering disebut sebagai tempat dengan harga Nasional pada kisaran Rp 4.250 – 5.250,- tergantung jenis dan kualitasnya. Dan kenaikan tertinggi menjelang bulan puasa yang diikuti oleh kebutuhan pokok lainnya.

Biasanya jagung paling ramai diperjual belikan dengan kadar air 15%, semakin banyak kadar airnya maka bisa semakin murah. Namun petani lebih suka jual jagung pipil dan dikeringkan sendiri dari pada jual jagung basah.

Info Harga jagung per kilo 2019

berikut daftar harga jagung terbaru di beberapa kota di Indonesia :

Kota Penghasil JagungHarga Jagung 2019
Aceh Rp 5.050,-.
Tasikmalaya Rp 5.900,-.
Surabaya Rp 5.650,-.
Jombang Rp 5.250,-
Kediri Rp 5.320,-.
Madura Rp 5.380,-.
Jember Rp 5.650,-.
Lampung Timur Rp 5.520,-.
Lampung Selatan Rp 5.630,-.
Medan Rp 3.650,-.
Sumatera Utara Rp 3.540,-.
NTB Rp 3.270,-.
Sumbawa Rp 3.450,-.
Lombok Rp 3.050-,.
Wonogiri Rp 3.050,-.
Jogja Rp 2.550,-.

Nah itulah harga jagung yang bisa berubah-ubah dan berbeda harga nya disetiap daerah dikarenakan biaya hidup juga berbeda. Sekian informasi yang dapat kami berikan dan semoga bermanfaat dan jayalah petani jagung Indonesia siap ekspor tanpa impor.

Leave a Reply